Selasa, 14 Februari 2012

TIPS SABAR MENGHADAPI UJIAN

Sabar adalah kegigihan kita untuk tetap berpegang teguh kepada ketetapan allah. Kesabaran adalah sebuah proses aktif, kombinasi antara ridho dan ikhtiar. Kesabaran bukan proses diam dan pasif, melainkan proses aktif dalam akal,tubuh dan keimanan, semoga kita semua dikaruniai nikmat berupa sabar.

 Sebab kedudukan seseorang disisi Allah, keakraban seseorang dengan Allah, bisa ditempuh dengan kesabaran, Innallaha ina’ash shobirin. ”sesungguhannya Allah bersama orang-orang yang sabar”.sabar bagi manusia bukan berarti pasrah.sabar adalah kegigihan kita untuk tetap berpegang teguh kepada ketetapan Allah. Jadi kesabaran itu adalah sebuah proses aktif kombinasi antara ridho dan ikhtiar.
Kesabaran bukan proses diam dan pasif, melainkan proses aktif yaitu, akal aktif, tubuh aktif, dan iman yang aktif. Justru dari musibah yang disikapi dengan sabar maka akan lahir rahmat dari Allah. Misalnya ditimpa musibah sakit. Semua orang pernah sakit bahkan orang yang tidak pernah sakit mungkin saja dia tidak disukai oleh Allah. Sakit adalah bagian dari penggugur dosa. Rasullah bersabda: Dalam sebuah hadist : “tidaklah seseorang merasakan sakit dihina atau tertusuk duri,kecuali Allah menggugurkan dosanya bagai gugur-gugurnya daun”. Jadi proses sakit itu proses pengguguran dosa.
Berbaik Sangka
Jika kita ditimpa musibah beraik sangkalah kepad Allah contohnya, kalau kita suatu saat diuji dengan sakit. Harus kita harus sabar,bahwa kesabaran pertama yang harus dimiliki,adalah sabar huznuzon(berbak sangka)kepada allah.husnuzon karena tubuh kita adalah milik allah,bukan milik kita,kalau allah mau membuat penyakit pada diri kita,sehebat apapun kita tetap sakit.Allah berkuasa terhadap diri kita&Allah mudah berbuat apa saja,”Allah tidak membebani seseorang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar