Kamis, 16 Februari 2012

SIBUKLAH MENGEVALUASI DIRI

Semoga Allah Yang Maha Tahu perbuatan kita yang sebenarnya menolong diri kita untuk berani jujur melihat diri sendiri karena bahaya terbesar dalam hidup adalah ketika kita sibuk dengan kekurangan dan kesalahan orang lain sehingga tidak mempunyai kecukupan waktu untuk melihat kecenderungan dan kesalahan diri kita pasti mempunyai dosa. Tetapi masalah yang berbahaya bagi kita adalah ketidak beranian melihat dosa dan kesalahan diri.
Saat ini kita memasuki Tahun baru tidak ada perintah memperingati Tahun baru.tetapi yang ada perintah untuk mengevaluasi diri sesering mungkin.karena sesuatu yang tidak pernah rugi dalam hidup adalah evaluasi diri .Dimanapun kita bisa mengevaluasi diri yang berbahaya bagi kita adalah akibat dari kelakuan sendiri bukan orang lain. Kecuali kalau dengan izin Allah SWT . Maka ada baiknya hari kehari kita mempunyai waktu untuk evaluasi diri. Kalau kita ingin maka ada 2 kunci pokok yang harus kita lakukan :
1.Memiliki kesempatan untuk mengevaluasi diri.
2.Meningkatkan kemampuan untuk berbuat lebih baik.

 Ada 3 hal menurut Rasulullah Saw yang harus dievaluasi dalam kehidupan kita :
1.USIA   
 Umur yang sudah berjalan ini dipakai untuk apa saja karena umur tidak akan pernah kembali lagi kalau kita berbuat baik dalam mengisi kehidupan, maka pahala akan mengalir tetapi sebaliknya jika kita berbuat maksiat. Maka dosa yang akan kita dapat semakin kita menghitung waktu yang ada . Maka Insyallah waktu kita yang tersisa semakin tertata dengan baik.

2. I L M U
Ilmu yang ada pada diri kita bermanfaat atau tidak itu seharusnya pertanyaan yang harus muncul dalam diri kita. Ilmu ini yang akan membuat karekter seseorang menjadi berubah.
Ada kuadran karakter yang bisa kita lihat :
a.      Karekter buruk bertemu dengan karakter lemah ini tidak berbahaya .Karena orang yang beniat berbuat jahat tetapi tidak mempunyai kemampuan untuk melakukannya.
b.      Karakter baik bertemu dengan karakter lemah, ini yang hanya ada pada diri kita .kebanyakan diri kita mempunyai sifat yang baik tetapi tidak mempunyai etos yang tinggi untuk mengembangkan diri.  
c.       Karakter buruk bertemu dengan karakter kuat. Karakter ini yang sangat berbahaya.Karena dia mempunyai sifat yang buruk dan gigih serta ulet didalam melakukan kejahatan.
d.      Karakter baik bertemu dengan karakter kuat ini yang diharapkan akan mengubah negeri kita karena karakter ini yang mempunyai sifat baik.dan etos yang tinggi untuk berkembang dan mengubah kearah yang lebih baik.
3. H A R T A
Harta yang ada pada diri kita  harus selalu ditanyakan dari mana asal kemana kita nafkahkan apakah harta kita berasal dari yang halal atau haram dan kita nafkahkan kejalan yang benar atau tidak.
Kepuasan yg seharusnya kita miliki adalah kita bisa menafkahkan harta kita kejalan yang bermanfaat dan membahagiakan orang lain, dan itu bukan sesuatu yang merugikan
Bahkan kalau kita menafkahkan harta kita kejalan kebaikan dalam rangka berjuang dijalan Allah maka akan dilipatgandakan oleh Allah Swt. Kalau kita mempunyai harta maka yang terbayang adalah bahwa harta kita merupakan kendaraan kita untuk dapat mendekatkan diri kepada Allah Swt.


“ Kepuasan yang seharusnya kita miliki adalah ketika kita bisa menafkahkan harta kita kejalan yang bermanfaat dan mem - bahagiakan orang lain dan itu bukan sesuatu yang merugikan “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar